PT SOLID GOLD BERJANGKA – Swafoto atau lazim dikenal dengan istilah selfie adalah satu cara untuk mendokumentasikan perjalanan berlibur. Bisa “selfie” sendiri, bisa juga beramai-ramai dengan mengambil tempat yang punya pemandangan indah.

Baru-baru ini terjadi kejadian naas yang menimpa wisatawan saat berlibur di pantai akibat selfie. Dua orang hilang tewas terseret ombak saat melakukan swafoto atau selfie di Pantai Kedung Tumpang di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur, Kamis (5/5/2016) sekitar pukul 11.00 WIB.

BACA JUGA : Musik dan 8 Manfaatnya

PT Solid Gold Berjangka – Niat awal berfoto selfie dan berujung maut juga banyak tercatat terjadi di Indonesia atau belahan dunia.

Kasus ini bisa menjadi tamparan keras bagi wisatawan yang ingin mengambil foto selfie di lokasi wisata agar lebih berhati-hati.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau agar selalu berhati-hati dan memperhatikan kondisi sekitar saat berwisata di pantai.

BACA JUGA : Manfaat Suka Bernyanyi

Disarankan untuk tidak berenang terlalu jauh di laut dan saat ombak besar sebaiknya tidak melakukan aktivitas di laut. Wisatawan juga diimbau untuk mengikuti semua arahan dan rambu-rambu yang ada di obyek wisata.

Jangan remehkan kegiatan swafoto ini. Risiko keamanan berswafoto bahkan bisa disamakan dengan kegiatan pendakian gunung.

BACA JUGA : Kaitan Selfie Dengan Penuaan Dini

Dalam buku “Mountaineering: The Freedom of The Hills (2010)” tertulis: “Sebuah strategi yang baik untuk pendakian yang aman memiliki tujuan pertama yaitu kembali ke rumah dengan selamat…”.

Walaupun untuk mendaki gunung, kutipan tersebut masih relevan dengan tujuan ber-selfie ria.

KompasTravel merangkum beberapa tips penting berdasarkan buku tersebut terkait perencanaan kegiatan ber-selfie agar tetap aman.

(Prz – PT Solid Gold Berjangka)

Enter Your Mail Address