PT SOLID GOLD BERJANGKA – Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj, mengatakan bahwa pihaknya melakukan upaya terakhir untuk membatalkan eksekusi mati terhadap warga India, Gurdip Singh, di Indonesia atas kasus narkoba.

PT Solid Gold Berjangka – “Kami melakukan upaya di menit-menut terakhir untuk menyelamatkannya [Gurdip Singh] dari eksekusi pada 28 Juli,” ujar Swaraj lewat akun Twitter-nya.

india pidana mati pt solid gold berjangka

Singh adalah salah satu terpidana mati yg akan menghadapi regu tembak di Nusakambangan bersama 13 orang lainnya.

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo sebelumnya menyebutkan selain warga negara Indonesia, mereka yg akan dieksekusi pada tahap III adalah warga negara Pakistan, Zimbabwe, India & Nigeria.

Meski begitu ia tidak memberi informasi soal waktu pasti pelaksanaan eksekusi.

BACA JUGA : JELANG EKSEKUSI MATI NUSAKAMBANGAN

“Mesti ada (warga negara) Nigeria, Zimbabwe, Pakistan, India. Kalau tidak ada perubahan (eksekusi) minggu ini.

Saya harapkan semua pihak bisa memahami ini, kami menyadari sementara ada pihak yg tidak sepaham tapi bagaimanapun ini bukan satu pekerjaan yg menyenangkan, tapi harus dilakukan,” ujar Prasetyo

Prasetyo juga mengatakan, saat ini tak ada lagi kesempatan bagi para terpidana mati yg hendak dieksekusi untuk mengajukan grasi.

“Grasi sudah lewat waktu. Aturan Indonesia menyatakan, grasi diajukan paling lambat satu tahun setelah inkracht putusannya,” kata dia di Jakarta, Rabu.

BACA JUGA : PAKISTAN UPAYAKAN PEMBATALAN EKSEKUSI MATI DI INDONESIA

Singh, 48, diputus bersalah setelah mencoba menyelundupkan 300 gram heroin ke Indonesia pada 2004. Ia divonis mati oleh pengadilan pada Februari 2005.

(stu)

Enter Your Mail Address