Solid Gold Berjangka – Korut Mampu Luncurkan Hulu Ledak Nuklir

Solid Gold Berjangka -Korea Utara (Korut) telah mengembangkan kemampuan untuk memasangkan hulu ledak nuklir dengan rudal dan meluncurkannya. Namun, Korut diyakini belum menguasai teknologi untuk membawa kembali senjata itu dari ruang angkasa dan mengarahkannya ke target. Demikian diungkapkan seorang pejabat senior pertahanan AS, Kamis (8/12).

“Sejujurnya, saat ini mereka (Korut) memiliki kemampuan untuk meluncurkan senjata nuklir. Mereka hanya belum yakin untuk menariknya kembali, itu sebabnya mereka terus menguji sistem mereka,” kata pejabat itu pada AFP.

Pejabat itu juga percaya, kalau Korut sudah bisa memasangkan rudal dengan hulu ledak nuklir. “Tapi, mereka belum yakin dengan kemampuan untuk serangan strategis, sehingga mereka berusaha untuk mencoba dan mengatasi itu,” lanjutnya.

Sementara para ahli mengatakan, Korut diperkirakan telah berhasil membuat hulu ledak nuklir yang cukup kecil untuk mempersenjatai rudal Scud. Namun, belum jelas apakah mereka dapat menempatkan hulu ledak itu pada roket yang lebih besar, yang mampu bergerak lebih jauh dan menyebarkan hulu ledak dari angkasa.

Beberapa uji coba nuklir yang dilakukan Korut memang telah menimbulkan kekhawatiran dari negara-negara regional dan masyarakat internasional, terutama AS. Terlebih, sikap pemimpin Korut Kim Jong-un tak bisa ditebak.

“Ini adalah ancaman yang membuat saya terjaga di malam hari. Anda pernah mendengar para pemimpin senior lainnya mengatakan hal yang sama, terutama karena kita tidak tahu apa yang ‘Pemimpin Terhormat’ di Korea Utara akan lakukan,” lanjut pejabat itu.

Kondisi Korut yang benar-benar tertutup dengan dunia luar membuat AS tak bisa menggali informasi soal kekuatan nuklir Korut. “Kami berada dalam situasi yang sangat lemah, dengan tidak banyak inisiatif dalam hal negosiasi,” kata pejabat itu.

Baca Juga ” Bos Intelijen Inggris: Rusia Perburuk Situasi di Suriah ”

Kepala badan intelijen Inggris MI6, Alex Young menyebut aksi Rusia di Suriah semakin memperburuk situasi di negara itu. Ia pun memperingatkan bahwa tindakan Rusia di Suriah akan berujung tragis dan bisa menempatkan keamanan Inggris dalam risiko.

“Fakta dilapangan sangat situasi ekstrim yang sangat kompleks. Nasib buruk yang terjadi di Suriah terus berlanjut dan bertambah buruk. Saya tidak bisa mengatakan apa yang akan terjadi di tahun depan,” kata Young

“Tapi apa yang saya tahu adalah ini: kita tidak bisa aman dari acaman yang berasal dari Suriah kecuali perang sipil diakhiri,” imbuhnya seperti dikutip dari Sky.

Ia pun mengkritisi terkait tujuan yang ingin didapatkan oleh Moskow di Timur Tengah. “Rusia sedang berusaha membuat gurun dan menyebutnya perdamaian. Itu adalah tragedi kemanusian yang menyakitkan hati,” katanya terkait pemboman di Aleppo.

“Saya percaya perilaku Rusia di Suriah, bersekutu dengan rezim Assad yang dideskriditkan jika mereka tidak merubah arah kebijakannya, akan memberikan contoh tragis dari bahayanya sebuah legitimasi,” katanya lagi.

“Dalam mendefinisikan seseorang sebagai teroris yang menentang pemerintah dengan brutal, mereka mengasingkan kelompok tersebut ke sisi kelompok ekstrimis yang harus dikalahkan,” tukasnya.

Solid Gold Berjangka

Enter Your Mail Address