PT.SOLID GOLD BERJANGKA – JAKARTA. Harga jual minyak sawit mentah alias crude palm oil (CPO) pada perdagangan awal pekan ini cukup positif. Berdasarkan data Bloomberg, Senin (23/8), harga CPO kontrak pengiriman November 2021 naik 1,2% menjadi RM 4.316 per ton dibanding harga penutupan perdagangan Jumat (20/8).

Meskipun begitu, harga CPO sudah merosot 3,04% dibanding pekan sebelumnya. Di mana,  pada Senin (16/8), CPO ditutup di RM 4.447 per ton. Ini juga merupakan harga penutupan tertinggi sepanjang 2021. Sementara jika dibandingkan akhir Juli 2021, harga CPO sudah naik 2,03%.

Biarpun harga CPO mencapai level tertingginya pada pekan lalu, harga saham perusahaan CPO sepanjang Agustus 2021 justru bergerak negatif. Hanya sedikit saham yang menunjukkan gerak positif meski tak terlalu agresif.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama mengatakan, jika mengacu pada perdagangan dua bulan terakhir, pergerakan harga CPO memang tidak sejalan dengan pergerakan harga saham perusahaan CPO.

Baca Juga: PT.SOLID GOLD BERJANGKA | Harga batubara masih membara, ini rekomendasi saham emiten batubara dari analis

Meskipun begitu, Okie masih mempertahankan rekomendasi overweight pada saham-saham sektor sawit. Pasalnya, momentum kenaikan harga CPO di sepanjang tahun ini dapat meningkatkan harga rata-rata penjualan emiten sawit.

Permintaan CPO pun dinilai lebih tinggi dibandingkan tahun lalu seiring dengan terbukanya aktivitas ekonomi yang mendorong naiknya permintaan.

“Terlebih lagi, CPO menjadi salah satu produk unggulan ekspor dan diharapkan dapat membantu menopang kinerja perdagangan dari sisi pemulihan. Regulasi pemerintah juga dapat mendukung industri CPO dalam negeri untuk bangkit,” jelas dia.

Saat ini, Okie merekomendasikan buy saham PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) dengan target harga Rp 1.275 per saham, PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) Rp 9.900, dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) Rp 520 per saham. Menurut dia, valuasi LSIP dan SIMP masih di bawah rata-rata harga industri.

Saat ini, LSIP diperdagangkan pada 6,98 kali PE dan SIMP berada pada 9,06 kali PE, sedangkan AALI 14,74 kali PE. Sementara rata-rata industrinya diperdagangkan pada 13,46 kali PE.

Sumber dari kontan.co.id, di edit oleh PT.SOLID GOLD BERJANGKA

Enter Your Mail Address