PT.SOLID GOLD BERJANGKA – JAKARTA. Harga emas bergerak flat pada perdagangan Kamis (2/9). Sebagian besar investor menunggu laporan non-farm payrolls Amerika Serikat (AS) yang sangat penting untuk garis waktu pengurangan Federal Reserve.

Melansir Reuters pukul 11.11 WIB, harga emas spot stabil di US$1.811,66 per ons troi, pada 0341 GMT. Sedangkan, harga emas berjangka AS stabil di US$1.814,30.

“Pasar sedang menunggu rilis data penggajian untuk mendapatkan sedikit panduan tentang bagaimana ekspektasi inflasi pada akhirnya akan ditetapkan,” kata analis ANZ Daniel Hynes.

Sementara angka klaim pengangguran AS akan dirilis pada 1230 GMT di kemudian hari. Departemen Tenaga Kerja AS akan merilis laporan penggajian non-pertanian untuk Agustus pada hari Jumat.

Perkiraan gaji rata-rata dari 80 ekonom yang disurvei oleh Reuters adalah untuk 728.000 pekerjaan telah diciptakan pada bulan Agustus.

Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan pekan lalu pemulihan pasar tenaga kerja akan menentukan kapan bank sentral AS mulai memangkas pembelian asetnya.

Emas sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, yang disebabkan oleh langkah-langkah stimulus besar-besaran.

“Kami masih berharap untuk melihat CPI tetap relatif tinggi, jadi untuk sisa tahun ini, itu akan perlahan-lahan menyeret ekspektasi inflasi … Itu kemungkinan akan membuat emas terdorong lebih tinggi,” tambah Hynes.

Sementara itu, indeks dolar melayang di dekat posisi terendah multi-minggu, tertekan oleh data penggajian swasta yang meleset dari ekspektasi.

Di sisi teknis, emas spot dapat menguji resistance di US$1,826 per ons troi, penembusan di atas dapat menyebabkan kenaikan di US$1,841, menurut analis teknis Reuters Wang Tao.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,3% menjadi US$24,10 per ons troi, platinum turun 0,7% pada US$995,52, dan palladium turun 0,2% menjadi US$2.438,55.

Sumber dari kontan.co.id, diedit oleh PT.SOLID GOLD BERJANGKA

Enter Your Mail Address