PT.SOLID GOLD BERJANGKA – JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan alias IHSG hari ini diperkirakan kembali bergerak menguat. Pada Selasa (6/7), IHSG ditutup naik 0,69% atau 41,50 point ke level 6.047,11. 

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan, pergerakan IHSG secara teknikal kembali menguat rebound pada level support MA5 dan whipsaw pada level MA20. Pergerakan IHSG selanjutnya berpotensi menguji bearish trend dan resistance 6.062 sebagai konfirmasi arah pergerakan selanjutnya. 

Indikator stochastic dan RSI bergerak pada momentum bullish mengiringi pergerakan MACD yang menjenuh dan berpotensi cross over pada histogram yang mulai bergerak positif. “Sehigga secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatannya dengan support resistance 6.013-6.085,” jelas Lanjar dalam riset. 

Baca Juga: PT.SOLID GOLD BERJANGKA | Rupiah diprediksikan melemah pada Senin (5/7)

Sementara itu, saham-saham yang dapat dijadikan rekomendasi secara teknikal diantaranya; AALI, ADRO, AKRA, BFIN, BRPT, BSDE, DOID, ERAA, INTP, JPFA, MAIN, MEDC, SIMP, SMGR, TINS, UNTR.

Pada Selasa (6/7), IHSG ditutup naik 41,50 poin ke level 6.047,11. Beberapa sektor saham yang menjadi pendorong IHSG diantaranya, saham-saham sektor teknologi (+3,01%), Barang Baku (+2,58%) dan Energy (+2,56%). 

Saham-saham yang mampu mendorong IHSG diantaranya, ITMG (+10,54%), UNTR (+2,60%), INTP (+4,18%), ANTM (+10,71%, INCO (+4,01%). Saham-saham komoditas energy dan logam menjadi leader penguatan mengiringi naiknya harga komoditas tersebut. 

Investor asing melakukan aksi jual bersih sebesar Rp 174,75 miliar dengan saham TLKM, BFIN, AMRT dan TBIG yang menjadi top net sell value.

Kemarin, bursa Asia ditutup bervariasi. Investor menimbang lonjakan minyak mentah terhadap prospek inflasi dunia setelah terdapat gangguan dalam pembicaraan pasokan OPEC+

Baca Juga: PT.SOLID GOLD BERJANGKA | Pemerintah sudah menggelar 12 kali lelang SUN dan SBSN selama 2021

Minyak melonjak setelah pertarungan antara anggota OPEC+ Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Mereka tetap akan memblokir peningkatan pasokan minyak. Investor menilai potensi konflik yang meningkat menjadi perang harga yang dapat menghambat pemulihan ekonomi global. 

Pada hari ini, pergerakan IHSG akan dipengaruhi dari risalah FOMC yang dirilis pada hari Rabu dan pertemuan Menteri Keuangan G20 Venesia pada hari Jumat. Dari dalam negeri investor akan menanti data cadangan devisa yang diperkirakan meningkat.

Sumber dari investasi.kontan.co.id, diedit oleh PT.SOLID GOLD BERJANGKA

Enter Your Mail Address