PT SOLID GOLD BERJANGKA – NEW YORK. Jeff Bezos dan Elon Musk kerap berselisih tentang siapa yang lebih kaya dan siapa yang lebih sadar hukum. Di sisi lain, para raksasa bisnis ini termasuk di antara sekelompok miliarder yang bersaing untuk mendapatkan gelar yang bahkan kurang diinginkan: Miliarder Paling Pelit di Dunia.

Melansir Business Insider yang mengutip Forbes Philanthropy Score, meskipun pasar saham era pandemi yang melonjak telah menggelembungkan kekayaan miliarder ke level rekor, orang-orang terkaya di dunia telah memilih untuk tidak mengimbangi pemberian amal mereka.

Tim di Forbes menjumlahkan semua pemberian “out-the-door” seumur hidup yang telah dilakukan seseorang, dan membagi jumlah itu dengan jumlah total kekayaan mereka saat ini dan jumlah total pemberian. Hasilnya dikategorikan ke dalam lima tingkatan: kurang dari 1%; antara 1% dan 5%; antara 5% dan 10%; antara 10% dan 20%; dan 20% atau lebih.

Yayasan swasta dan dana yang disarankan oleh donor tidak diperhitungkan untuk ukuran Forbes, karena “sumbangan” itu secara efektif tetap berada di bawah kendali donor, dan juga datang dengan manfaat besar yang memungkinkan orang kaya untuk menghindari membayar pajak.

Baca Juga: PT SOLID GOLD BERJANGKA | Masa berakhirnya mata uang fisik dan uang tunai semakin dekat, ini penjelasan ekonom

Jika rumah tangga Amerika rata-rata memberikan US$ 1.200 untuk amal di seluruh hidup mereka berdasarkan kekayaan bersih saat ini sekitar US$ 120.000, Forbes akan menganggap itu lebih murah hati daripada Bezos dan Musk berdasarkan metrik ini.

Dari 400 miliarder dalam daftar tahun ini, hanya 19 yang memberikan 10% atau lebih dari kekayaan mereka. Sementara rekor tertinggi, ada 156 miliarder yang telah memberikan kurang dari 1%. Saat Bezos dan Musk belum mencapai 1%, MacKenzie Scott telah meninggalkan mereka dengan memberikan 13% dari kekayaannya. Bahkan dengan kecepatan memberi, Scott sekarang lebih kaya daripada tahun lalu.

Baca Juga: PT.SOLID GOLD BERJANGKA | Ketiban berkah, pengguna baru Telegram bertambah 70 juta saat WhatsApp tumbang

Bezos memang menjadi berita utama musim panas ini dengan hadiah US$ 400 juta untuk Smithsonian, Van Jones, dan Jose Andres, dan telah memberikan US$ 865 juta dari janjinya untuk memerangi perubahan iklim.

Tapi hadiah yang sebenarnya adalah sebagian kecil dari keuntungan US$ 22 miliar yang dia buat tahun ini saja, dibandingkan total kekayaan bersihnya yang melonjak menjadi US$ 201 miliar.

Sementara itu, Warren Buffet tetap sebagai miliarder paling dermawan, setelah melepaskan US$ 4,1 miliar saham Berkshire Hathaway pada bulan Juni. Dengan demikian, total amal yang diberikan sepanjang hidupnya menjadi US$ 44 miliar. Dia sekarang sudah berada di setengah jalan dalam memenuhi janjinya untuk memberikan semua saham Berkshire-nya.

Baca Juga: PT.SOLID GOLD BERJANGKA | Satgas Singapura: Cepat atau lambat, kita akan terinfeksi COVID-19, jangan malu!

Pemberi paling produktif dalam peringkat Forbes adalah George Soros, yang sumbangannya senilai US$ 16,8 miliar. Nilai tersebut telah melampaui kekayaan bersihnya yang hanya sebanyak US$ 8,6 miliar.

Sumber dari Kontan.co.id, di edit oleh PT SOLID GOLD BERJANGKA

Enter Your Mail Address