PT Solid Gold Berjangka – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan aturan berupa Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) utk kendaraan listrik. Aturan ini merupakan turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) kendaraan listrik yg sebentar lagi terbit.

Pada aturan tersebut, Kemenhub akan mengatur sejumlah aspek, salah satu yg diatur ialah bunyi kendaraan. Nantinya, Kemenhub mewajibkan kendaraan listrik memiliki bunyi.
1.  Bunyi Bagian dari Aspek Keselamatan

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan, aturan kendaraan listrik di Kemenhub memuat aspek keselamatan. Terkait hal ini, Kemenhub mewajibkan ada suara pada kendaraan listrik.

“Kalau aspek keselematan sama, yg beda noise-nya, suaranya, motor listrik nggak punya suara, tapi dalam aturan kita harus ada suara mobil, itu sama menygkut baterai tadi,” kata dia

Dia bilang, adanya suara agar orang lain tahu kehadiran kendaraan listrik ini.

“Kalau kita tiba-tiba, jalan kaki, di belakang kita ada mobil kaget nggak? Kalau mobil (biasa) kan ada (suara) nguuungg,” ujarnya.

Baca Juga : Solid Gold | Jenis Makanan yang “Pas” Untuk Diet

2 Bunyi Kendaraan Listrik Bukan Klakson

Sebelumnya, berdasarkan draft aturan kendaraaan listrik yg diberikan Budi, suara kendaraan listrik diatur dalam Pasal 36, mencakup sepeda motor (L), mobil penumpang & bus (M), serta mobil barang (N & O).

Suara yg ditimbulkan oleh kendaraan bermotor listrik tidak boleh menyerupai jenis suara hewan, sirene, klakson & musik. Alasannya agar pengguna jalan bisa membedakan suara dari sumber lain & suara mobil.

“Yang tidak dibolehkan yg cenderung bahwa di jalan itu jadi kayak nggak seperti mobil. Jadi nggak menunjukkan ciri sebagai mobil gitu,” ujarnya

Pihaknya pun akan menggelar pertemuan dgn agen pemegang merek (APM) kendaraan bermotor. Mereka harus membahas lebih lanjut bagaimana mekanisme menciptakan suara pada kendaraan listrik.

“Nanti kita akan komunikasi dgn pihak APM-nya (bagaimana mekanismenya), karena aturannya kan utk mobil harus ada suaranya kan gitu. Pokoknya noise itu menjadi salah satu persyaratan utk mobil yg mempunyai spek keselamatan jalan,” tambahnya.

Solid Gold Berjangka

Solid Gold

Enter Your Mail Address