PT SOLID GOLD BERJANGKA – Meski jarak terdekat antara Afrika & Eropa hanya 14 kilometer, namun Laut Mediterania mencegah kedua benua untuk bersatu.

Tapi, pada tahun 1928, seorang arsitek Jerman mengusulkan rencana yg disebut Atlantropa.

PT Solid Gold Berjangka – Rencana kontroversial itu bermaksud menguras Laut Mediterania & menciptakan ‘Eurafrican superkontinen’ atau Benua Super Euro-Afrika.

Meski terdengar aneh, rencana itu dianggap serius oleh kepala negara, & bahkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Herman Sörgel, orang Jerman di balik ide besar ini, berharap rencana kolosal ini akan menjadi jawaban untuk krisis pengungsi Eropa pasca-Perang Dunia I & membantu membawa perdamaian dunia.

Ide tersebut terus dikumandangkan Sörgel sejak 1928 hingga kematian menjemputnya pada tahun 1952.

Dalam sebuah artikel di The Conversation, Dr Ricarda Vidal, seorang dosen di Visual Culture and Cultural History di King College London, mengatakan: ” Pengalaman dari Perang Dunia I, gejolak ekonomi & politik tahun 1920-an & bangkitnya Nazisme di Jerman meyakinkan Sörgel bahwa perang dunia baru hanya bisa dihindari jika solusi radikal ditemukan. Dengan sedikit keyakinan dalam politik, Sörgel berpaling ke teknologi.”

Bagaimana Cara Menyatukannya?

afrika eropa pt solid gold berjangka

PT Solid Gold Berjangka – Dasar untuk membangun superbenua itu adalah dengan mendirikan bendungan di sepanjang Selat Gibraltar, Dardanelles, & berakhir di antara Sisilia & Tunisia.

Masing-masing berisi pembangkit listrik tenaga air raksasa.

Dia percaya bahwa ini akan mengubah Mediterania menjadi dua cekungan, dengan bagian barat diturunkan sebesar 100 meter & bagian timur sebanyak 200 meter.

Hal ini akan menyediakan lahan baru dengan luas total 660.200 kilometer persegi dengan mereklamasi laut.

Lahan baru tersebut bahkan lebih besar daripada luas Prancis yg mencapai 640.679 km persegi.

Dr Vidal mengatakan, ” Rencana tambahan untuk Atlantropa juga termasuk pembangunan dua bendungan di Sungai Kongo & penciptaan Laut Chad & Kongo, yg Sörgel berharap akan memiliki pengaruh moderat pada iklim Afrika sehingga membuatnya lebih menyenangkan untuk pemukim Eropa.”

Terdengar Konyol, Tapi Ditanggapi Serius…

afrika eropa pt solid gold berjangka

Meski usulan ini mungkin sekarang terdengar konyol –seperti ketika Sörgel pertama kali mengusulkannya, namun diambil serius oleh arsitek, insinyur, politikus & wartawan.

” Apa yg membuat Atlantropa begitu menarik adalah visi perdamaian dunia dicapai tidak melalui politik & diplomasi, tetapi dengan solusi teknologi sederhana,” kata Dr Vidal.

Atlantropa akan dikontrol oleh sebuah badan independen yg akan memiliki kekuatan untuk mematikan pasokan energi untuk setiap negara yg menjadi ancaman.

Sörgel mengatakan membangun superbenua ini akan membuat negara-negara di Eropa mengeluarkan banyak biaya sehingga mereka tidak akan memiliki cukup uang yg tersisa untuk membiayai perang.

Dia kemudian mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk mempromosikan idenya itu, termasuk melalui program radio, film, pembicaraan & bahkan simfoni Atlantropa.

Pada tahun 1948, UN World, majalah berbasis di New York, menulis, ‘Memanfaatkan Gibraltar untuk kemaslahatan umat manusia tidak terdengar seperti mimpi. Namun di abad ke-20 ini tidak ada mimpi – bahkan kerjasama antara negara-negara – yg tidak mungkin (diwujudkan).”

Sayangnya, rencana Sörgel tidak berjalan, sementara benua Afrika & Eropa tetap menjadi benua yg terpisah.

Rencana besar Sörgel, termasuk gambar arsitektur untuk kota baru, & surat dukungan yg diterimanya, sekarang disimpan di Deutsche Museum di Munich, Jerman.

BACA JUGA : Jangan Unggah Boarding Pass di Media Sosial

(Prz – PT Solid Gold Berjangka)

Enter Your Mail Address