PT SOLID GOLD BERJANGKA – Tato memang sudah menjadi trend di dunia luar sana, jadi simbol kebebasan memodif diri & tubuh, tapi di negara kita Indonesia tato sudah ada sejak dahulu.

Jangan terkejut jika masuk ke perkampungan masyarakat Dayak & berjumpa dengan orang-orang tua yg dihiasi berbagai macam tato indah di beberapa bagian tubuhnya.

PT Solid Gold Berjangka – Tato bagi masyarakat Dayak bukan sekadar hiasan, tetapi memiliki makna yg sangat mendalam.

Sebab tato bagi masyarakat Dayak tidak boleh dibuat sesuka hati sebab ia adalah sebahagian dari tradisi, status sosial seseorang dalam masyarakat, serta sebagai bentuk penghargaan suku terhadap kemampuan seseorang.

Oleh karena itu, ada peraturan tertentu dalam pembuatan tato baik pilihan gambarnya, struktur sosial seseorang yg memakai tato maupun penempatan tatonya.

Meskipun demikian, secara realitasnya tato memiliki makna sama dalam masyarakat Dayak, yakni sebagai “obor” dalam perjalanan seseorang menuju alam keabadian, setelah kematian.

Bagi suku Dayak yg tinggal di sekitar Kalimantan & Sarawak Malaysia, tato di sekitar jari tangan menunjukkan orang tersebut suku yg suka menolong seperti ahli pengobatan.

Semakin banyak tatoo di tangannya, menunjukkan orang itu semakin banyak menolong & semakin arif dalam ilmu pengobatan.

Bagi masyarakat Dayak Kenya & Dayak Kayan di Kalimantan Timur, banyaknya tato menggambarkan orang tersebut sudah kuat mengembara.

BACA JUGA : Keringkan Laut untuk Satukan Benua Afrika-Eropa

Setiap kampung memiliki motif tato yg berbeda, banyaknya tato menandakan pemiliknya sudah mengunjungi banyak kampung.

Berbeda pula dengan golongan bangsawan yg mamakai tato, motif yg lazim untuk kalangan bangsawan adalah burung enggang yakni burung endemik Kalimantan yg dikeramatkan.

Ada pula tato yg dibuat di bagian paha. Bagi perempuan Dayak memiliki tatoo di bagian paha status sosialnya sangat tinggi & biasanya dilengkapi gelang di bahagian bawah betis.

Motif tato di bagian paha biasanya juga menyerupai simbol tato berbentuk muka harimau.

Perbedaannya dengan tato di tangan, ada garis melintang pada betis yg dinamakan nang klinge.

Tatoo sangat jarang ditemui di bagian lutut.

Meskipun demikian, ada juga tatoo di bagian lutut pada lelaki & perempuan yg biasanya dibuat pada bagian akhir pembuatan tato di badan.

Tato yg dibuat di atas lutut & melingkar hingga ke betis menyerupai ular, sebenarnya anjing jadi-jadian atau disebut tuang buvong asu.

(Prz – PT Solid Gold Berjangka)

Enter Your Mail Address