PT SOLID GOLD BERJANGKA – Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat mengeluarkan peringatan kepada pelaku bisnis terkait upaya penipuan cyber wire secara global, melalui email yg mengaku berasal dari rekan bisnis terpercaya.

PT Solid Gold Berjangka – Menurut data, kasus penipuan transfer melalui email tersebut  meningkat dlm tujuh bulan terakhir pada 2016.

Penipu berusaha mencuri US$5,3 miliar melalui skema yg dikenal sbg kompromi email bisnis dari Oktober 2013 sampai Desember, kata FBI dlm sebuah laporan yg dirilis pada Kamis waktu setempat oleh Pusat Pengaduan Kejahatan Internet.

Angka tersebut naik tajam dari laporan FBI sebelumnya yg mengatakan bahwa pencuri berusaha mencuri US$3,1 miliar dari Oktober 2013 sampai Mei 2016, menurut sebuah survei terhadap kasus-kasus dari badan-badan penegak hukum di seluruh dunia.

Jumlah kasus kompromi email bisnis, di mana penjahat cyber meminta wire transfer ke email yg mirip dengan eksekutif perusahaan senior atau pemasok bisnis yg secara teratur meminta pembayaran, hampir dua kali lipat dari Mei hingga Desember tahun lalu, meningkat menjadi 40.203 dari 22.143 , Kata FBI.

Survei tersebut tidak melacak berapa banyak uang yg benar-benar hilang bagi penjahat.

Robert Holmes, yg mempelajari kompromi email bisnis untuk firma keamanan Proofpoint Inc (PFPT.O), memperkirakan bahwa insiden yg dikumpulkan oleh FBI hanya mewakili 20 persen dari total.

Dan bahwa total kerugian sebenarnya bisa sebanyak dua kali lipat dari angka yg dilaporkan oleh FBI.

Kerugian tumbuh karena scammers menjadi lebih canggih, menggali lebih dlm ke departemen keuangan perusahaan untuk menemukan target yg rentan, katanya.

“Ini bukan permainan volume, ini adalah hasil penelitian yg cermat,” katanya.

Amerika Serikat adalah pasar sasaran terbesar, meski penipu mulai berkembang di negara maju lainnya.

Termasuk Australia, Inggris, Prancis & Jerman, kata Holmes.

FBI mengatakan bahwa sekitar satu dari empat korban Amerika Serikat menanggapi dengan menyalurkan uang ke penipu.

Dalam beberapa kasus tersebut, pihak berwenang telah dapat mengidentifikasi kejahatan tersebut pada waktunya untuk membantu korban memulihkan dana dari bank sebelum para penjahat mengeluarkan mereka dari sistem.

(Prz – PT Solid Gold Berjangka)

Enter Your Mail Address